Thursday, August 21, 2014

Kisi-Kisi Soal TKD CPNS 2014


Setiap instansi pasti akan mengujikan tes kompetensi dasar (TKD) kepada para pelamar. Tes ini akan mengukur kemampuan dasar yang diperlukan seseorang untuk menunjang keberhasilannya jika bekerja menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

Dikutip dari laman Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Kamis (21/8/2014), tipe TKD akan disesuaikan dengan jenjang pendidikan; mulai dari SD hingga S-3.  Soal TKD CPNS dibuat oleh Panitia Pengadaan CPNS Nasional bekerjasama dengan Tim Ahli dari Konsorsium Perguruan Tinggi Negeri.

Tes ini akan mengujikan tiga subtes, yaitu tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU) dan tes karakteristik pribadi (TKP).  Supaya lebih siap, yuk simak kisi-kisi tiap subtes dalam TKD ini:

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
Ujian ini bertujuan menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan peserta seleksi dalam pengimplementasian nilai-nilai empat pilar kebangsaan Indonesia. Materi tesnya adalah Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Poin NKRI meliputi berbagai pertanyaan tentang sistem tata negara Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah; sejarah perjuangan bangsa dan peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global. Peserta tes juga akan diuji kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

Tes Intelegensi Umum (TIU)
Ujian ini dimaksudkan untuk menilai kemampuan verbal, numerik, berpikir logis dan analitis.

Kemampuan verbal ditandai dengan kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tertulis. Kemudian, kemampuan numerik diperlihatkan dengan kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan di antara angka-angka.

Kemampuan bernalar secara runtut dan sistematis menjadi penanda kemampuan berpikir logis. Sedangkan kemampuan mengurai permasalahan secara sistematik merupakan indikator kemampuan berpikir analitis.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Ada 11 poin penilaian dalam TKP yaitu:
1. Integritas diri
2. Semangat berprestasi 
3. Kreativitas dan inovasi
4. Orientasi pada pelayanan
5. Orientasi kepada orang lain
6. Kemampuan beradaptasi
7. Kemampuan mengendalikan diri
8. Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas
9. Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan
10. Kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan
11. Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinasi orang lain.

Agar lulus TKD, peserta harus melampaui ambang batas tertentu (passing grade) dari setiap sub tes yang ditetapkan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Untuk memudahkan dan membiasakan peserta seleksi CPNS dengan CAT, Kementerian PAN-RB pun membuat simulasi CAT di laman Panselnas.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Sumber Informasi

sscn.bkn.go.id
panselnas.menpan.go.id

Total Pageviews

Copyright 2013 CPNS 2014: Kisi-Kisi Soal TKD CPNS 2014 Template by Blogger Template. Powered by Blogger